Tallahassee – Sudah banyak cerita yang mengisahkan tentang kesetiaan anjing kepada majikannya. Mulai dari kisah rekaan hingga fakta sehari-hari. Meski banyak cerita yang menyenangkan, namun ada pula yang membuat hati terharu.

Salah satunya adalah apa yang dialami oleh sebuah keluarga di Sumter County, Florida, Amerika Serikat. Mereka baru saja kehilangan seekor anjing pit bull yang masih berumur 9 bulan pada 24 September 2019. Zeus, nama anjing itu, meninggal lantaran melindungi dua anak keluarga Richardson dari serangan ular berbisa.

Kejadian tersebut bermula ketika Oriley dan Orion, dua anak laki-laki Richardson, berada di luar rumah. Mereka sedang membersihkan wadah minum Zeus. Tiba-tiba, muncul seekor ular berbisa di dekat mereka. Zeus seketika menyerang ular jenis coral snake tersebut.

“Tiba-tiba, dia (Zeus) mulai menyerang ular yang mendekati putraku dan terkena gigitan ular empat kali,” tutur Gary Richardson, dikutip dari CBS News.

Keluarga Richardson pun langsung membawa Zeus ke klinik dokter hewan. Meski sempat diberi obat penawar bisa, namun Zeus kemudian meninggal sehari setelahnya. Yang menyedihkan, hari kematian Zeus bertepatan dengan hari ulang tahun ke-10 Oriley.

Meski keluarga Richardson merasa sedih atas kematian Zeus, namun mereka merasa berterima kasih atas pengorbanan yang dilakukan oleh anjing pitbull mereka.

“Aku merasa berterima kasih kepadanya (Zeus) yang rela bertaruh nyawa demi anak-anak kami. Dia akan dikenang oleh banyak orang yang tersentuh hatinya di seluruh dunia,” kenang Gina Richardson. (Elhas-harianindo.com)