Surabaya – Terjadi insiden yang tak menyenangkan setelah Persebaya Surabaya menjamu PSS Sleman di Liga 1 2019. Para suporter yang tak terima dengan kekalahan Bajul Ijo melakukan aksi perusakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Kini, Pemkot Surabaya tengah merinci kerusakan di GBT.

Berdasarkan keterangan dari Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya, Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini telah memberi instruksi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk memeriksa kondisi terkini GBT.

“Bu Risma sudah meminta dilakukan pengecekan stadion. Kemudian meminta dilaporkan. Karena hari ini sedang membahas soal perbaikan lapangan,” kata Febri pada Rabu (30/10/2019).

Saat ini, Risma telah mendapatkan laporan mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh aksi Bonek tersebut. Padahal beberapa waktu lalu Bonek telah berjanji akan menyambut dengan tertib hajatan Piala Dunia U-20 2021 yang akan menggunakan GBT sebagai venue utama.

“Ibu menyayangkan kejadian itu. Piye, jarene wes janji di medsos (bagaimana, ini katanya sudah janji di medsos) untuk mendukung Piala Dunia U-20,” ujar Febri sembari mengutip ucapan Risma.

Akibat kerusuhan yang dilakukan oleh suporter, sejumlah fasilitas yang ada di Stadion GBT mengalami kerusakan. Antara lain lorong dan bangku pemain, gawang, hingga papan sponsor dirusak massa. Hingga kini, masih belum ada keterangan rinci dari Dispora Kota Surabaya mengenai kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan. (Elhas-harianindo.com)