Jakarta – Baru-baru ini, kanal YouTube Calon Sarjana mendapat komentar negatif bertubi-tubi dari para netizen. Sebab, kanal dengan jumlah subscriber sebanyak 12,4 juta tersebut ketahuan menjiplak konten dari kanal JT.

Tak hanya netizen, komik Ernest Prakasa juga turut angkat bicara. Sebagai seorang kreator, Ernest merasa malu dengan perilaku Calon Sarjana tersebut.

Bahkan, ia juga menyebut tentang perusahaan di balik Calon Sarjana, yakni Infia. Ernest kemudian menyinggung kasus penjiplakan konten yang pernah dilakukan oleh perusahaan tersebut melalui akun yang berbeda.

Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. Bangke amat.” cuit Ernest Prakasa.

Tak hanya itu, tanpa tedeng aling-aling Ernest juga mengecam keras fenomena pencurian ide atau konten yang dilakukan oleh kreator tertentu. Ernest mengaku bahwa emosinya terpancing tiap kali mengetahui kabar tentang praktik tersebut.

“Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. Bajingan,” tulis Ernest Prakasa. (Elhas-harianindo.com)