Jakarta – Kanal YouTube asal Indonesia, Calon Sarjana, baru-baru ini tengah mendapat sorotan netizen. Sebab, kanal tersebut ketahuan menjiplak konten dari sebuah kanal luar negeri, JT.

Terkait tudingan tersebut, Calon Sarjana kemudian menyatakan bahwa pihaknya telah meminta maaf secara langsung kepada JT. Selain itu, Calon Sarjana juga menghapus video yang memantik polemik tersebut.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTonYouTube atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan. Kami juga sudah menghubungi pihak bersangkutan, dalam hal ini channel YouTube “JT” @JTonYouTube terkait masalah ini.” bunyi cuitan Calon Sarjana.

Sebelumnya, Calon Sarjana ketahuan menjiplak konten video yang membahas mengenai akun YouTube dengan subscriber terbanyak. Rupanya, konten tersebut berasal dari kanal JT yang hanya diubah suaranya menjadi narasi Bahasa Indonesia. Bahkan, Calon Sarjana juga tidak mengganti thumbnail video tersebut.

Akan tetapi, JT memandang bahwa ucapan maaf tersebut hanyalah formalitas belaka. Hal tersebut mereka ungkap sembari mengunggah pesan permintaan maaf dari Calon Sarjana.

Selain itu, JT menuding bahwa kanal dengan 12,4 juta pengikut itu tidak benar-benar menghapus video tersebut. Calon Sarjana dituding hanya mengatur video tersebut menjadi privat.

“Namun masih ada 100 video yang dicuri. 12m subs, ok kawan. Satu-satunya alasan mereka mengirimi saya ini adalah karena mereka menyadari saya ancaman terhadap saluran mereka Mereka menyembunyikannya, artinya masih ada di sana,” cuit JT melalui akun Twitter mereka. (Elhas-harianindo.com)