Jakarta – Edhy Prabowo, selaku Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan bahwa ke depan tidak akan ada lagi penenggelaman kapal. Edhy menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Jembatan II Barelang Batam, Kepulauan Riau, Rabu (13/11/2019).

“Tidak ada lagi penenggelaman kapal, saat ini kami lebih fokuskan pada pembinaan terhadap nelayan kita,” ujar Edhy seusai mengikuti kegiatan simulasi peledakan kapal di PSDKP Batam.

Selain itu, Edhy menyatakan bahwa penenggelaman kapal merupakan terobosan yang baru dan sangat bagus yang digagas oleh mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Edhy lebih fokus pada pembinaan terhadap nelayan Indonesia.

“Arahan Pak Presiden, kita harus menyejahterakan nelayan dan mengawal nelayan dalam melakukan penangkapan Ikan di laut Indonesia,” kata Edhy.

Di sisi lain, Edhy beranggapan bahwa hal itu dilakukan karena selama ini banyak nelayan Indonesia yang mendapatkan intimidasi dari pihak luar negeri, meski mereka mencari ikan di wilayah Indonesia.

“Saya berharap agar personel PSDKP tidak memusuhi nelayan kita, mereka saudara kita. Jadikan mereka mata dan telinga kita untuk melakukan pengawasan terhadap sumber daya kelautan dan perikanan yang ada,” ujar Edhy. (NRY-harianindo.com)