Pemain Terbaik Piala Dunia 2014: Lionel Messi Rio de Janeiro – Lionel Messi resmi dipilih oleh FIFA sebagai pemain terbaik dalam turnamen empat tahunan Piala Dunia 2014. Seperti dilansir dari USA Today (Minggu, 13/7/2014), gelar pemain terbaik atau Golden Ball disematkan ke Messi karena perannya yang amat vital di Tim Tango Argentina dari awal babak penyisihan grup hingga partai puncak. Meski kalah dari Jerman.

Messi tampil amat baik pada perjalanan Argentina di Piala Dunia edisi ini. El Messiah kerap menjadi penentu di saat-saat krusial Argentina. Terutama di pertandingan fase grup sampai perempat final. Total kapten dari Argentina ini juga telah mengoleksi empat gol selama kiprahnya di Piala Dunia. Bukan hanya handal dalam mencetak gol, assistnya juga kerap menentukan lolosnya Argentina ke babak selanjutnya.

Messi sukses menyingkirkan Thomas Muller yang memperoleh Silver Ball dan Arjen Robben yang memperoleh Bronze Ball.

Meski demikian pencapaian Messi menjadi kurang karena tak mampu membawa timnya menjadi juara. Messi yang kerap dibanding-bandingkan dengan legenda Argentina, Diego Maradona, pun harus menerima kenyataan jika pembeda dirinya dan sang legenda hanyalah trofi Piala Dunia. (Choirul Anam – www.harianindo.com)