Home > Olahraga > Balap > Untuk Membangun Sebuah Mobil F1 Dibutuhkan Dana Rp 126 Miliar

Untuk Membangun Sebuah Mobil F1 Dibutuhkan Dana Rp 126 Miliar

Jakarta – Pembalap kebanggan Indonesia, Rio Haryanto, telah “berkenalan” dengan mobil balap milik Manor Racing, timnya di ajang balap Formula 1 (F1), yang diberi nama MRT05. Jet darat ini akan digunakannya berkompetisi di lintasan balap F1 musim 2016 ini.
Untuk Membangun Sebuah Mobil F1 Dibutuhkan Dana Rp 126 Miliar
Rio dijadwalkan menjajal MRT05 pada Rabu (24/2/2016) sore ini pada uji pra-musim yang digelar di Barcelona. Tes ini sangat penting bagi Rio untuk bisa mengenali karakter mesin dan menguji seberapa tangguh mobil yang telah dibangun oleh tim Manor Racing tersebut.

Manor Racing sendiri telah merilis spesifikasi dari MRT05. Sayang, data tersebut tidak mencantumkan berapa besar biaya yang harus mereka keluarkan untuk membangun mobil canggih tersbeut.

Seperti dilansir dari dilansir tsmplug.com, Rabu (24/2/2016), karena data tentang pembiayaan pembangunan sebuah mobil balap F1 sangat jarang dirilis resmi oleh suatu tim, sejumlah media pun mencoba menghitung dan mengira-ngira sendiri. Perkiraan tersebut dilakukan dengan mempertimbangakn harga dari maisng-masing onderdil, parts, dan perangkat elektronik canggih yang terpasang di dalamnya.

Dan meski secara umum besar biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda, namun secara garis besar, tim balap F1 harus mengeluarkan uang sekitar USD 9,4 juta, atau setara dengan Rp 126 miliar. Nilai rata-rata biaya pembangunan mobil tersebut didapatkan dari data F1 musim 2014 silam.

Setelah mengeluarkan uang sebesar itu untuk membangun mobil, mereka juga harus menggelontorkan dana besar lainnya untuk operasional setiap musimnya. Sebagai gambaran, tim-tim besar macam Ferrari, Red Bull, dan McLaren, diperkirakan mengeluarkan uang setidaknya USD 320 juta, atau setara Rp 4,3 triliun, untuk satu musimnya. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)

x

Check Also

Dovizioso Optimistis Naik Podium di Seri Australia

Dovizioso Optimistis Naik Podium di Seri Australia

Phillip Island – Rider Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso tengah dalam kepercayaan diri jelang balapan ...