Jakarta – Pedangdut senior Hamdan ATT harus dilarikan ke IGD dan dirawat di ICU karena tidak sadar akibat pecahnya pembuluh darah di otak.

Ini Yang Bisa Sebabkan Pecahnya Pembuluh Darah di Otak

Menurut dr Frandy Susatia, SpS, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, pembuluh darah bisa pecah akibat melonjaknya tekanan darah sehingga terindikasi serangan stroke.

“Iya. Stroke perdarahan karena pecahnya pembuluh darah otak. Yang paling sering adalah darah tinggi karena tensinya naik,” kata dr Frandy, Rabu (28/6/2017).

Hal yang sama disampaikan oleh dr Muhammad Rhadian Arief, SpBS dari Rumah Sakit Medistra Jakarta. Menurut pria yang biasa disapa dr Andra ini, hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pembuluh darah di otak pecah.

“Jadi yang dialami Hamdan ini memang stroke,” ucap dr Andra.

Lebih jauh dr Andra menjelaskan, stroke rentan dialami oleh mereka yang mempunyai riwayat hipertensi, diabetes, hiperkolesterol, dan obesitas.

Untuk faktor risiko, faktor psikologis seperti stres, depresi dan lainnya, lebih memegang peranan dibandingkan dengan faktor pola hidup yang tidak sehat.

“Beban pikiran lebih besar pengaruhnya untuk menjadi stroke dibandingkan makanan yang tidak sehat,” tutur dr Andra.

Selain itu, faktor usia juga bisa menjadi penyebab karena pembuluh darah menjadi lebih kaku dan tidak elastis sehingga mudah pecah.

“Yang harus diperhatikan. Bahwa stroke itu sangat mudah berulang dan kejadian stroke berikutnya selalu lebih berat dibandingkan yang sebelumnya,” tegas dr Andra.
(samsul arifin – www.harianindo.com)