Home > Teknologi > Khusus Pemula, Begini Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

Khusus Pemula, Begini Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

Jakarta – Bagi mayoritas pengguna android, bukan hal yang mengagetkan jika gadget yang mereka gunakan tiba-tiba lemot. Sebenarnya kecepatan internet Android sendiri tergantung pada aplikasi yang digunakan.

Khusus Pemula, Begini Cara Mengatasi Internet Lemot di Android

Nah kali ini akan kita bahas mengenai beberapa cara mengatasi internet lemot pada Android, melalui berbagai layanan dan permasalahan.

1. Gunakan Aplikasi Managemen Data

Apikasi managemen data ini juga bisa dikatakan sebagai aplikasi penghemat kuota. Dan bisa juga dipakai sebagai salah satu cara menghemat kuota di Android kamu loh.

Salah satu aplikasi managemen data yang direkomendasikan adalah Opera Max. Berbeda dengan Opera Mini atau browser Opera, Opera Max ini punya fungsi menyeluruh.

2. Pakai Aplikasi Sosial Media Lite

Memakai aplikasi lite yang lebih irit data juga turut bisa mempercepat koneksi internet. Mentang-mentang kamu anak sultan, belum tentu aplikasi Lite bisa jadi bikin kamu nista di hadapan teman.

Soalnya, aplikasi jenis ini akan mengkompres data seperti gambar, video dan audio. Jadi saat membuka Facebook misalnya, akan ada banyak konten yang diloading, yang membuat internet di Android jadi lemot.

Sementara itu, pada aplikasi Lite seperti Facebook Lite misalnya, akan memperkecil loading data baik video, audio dan gambar.

3. Menon-aktifkan Gambar Pada Browser

Salah satu cara mengatasi internet yang lemot di Android lainnya adalah dengan mematikan atau menonaktifkan pemuat gambar pada browser.

Khusus untuk Chrome Browser, Anda bisa menyetel aplikasi browser buatan Google ini untuk tidak memuat gambar dan konten tertentu.

Cukup bukan Chrome, masuk ke menu Setting > Data Saver > aktifkan Data Saver.

4. Bersihkan Cache pada Aplikasi

Cache yang menumpuk pada aplikasi juga bisa jadi penyebab internet di Android jadi lemot. Bahkan mengakibatkan hp Android juga lemot.

Untuk mengatasi jaringan internet lemot di Android karena cache, sepertinya Anda perlu membersihkan cache pada aplikasi yang dirasa lemot.

Semisalnya jika aplikasi Chrome yang lemot, maka masuk ke menu Setting > Apps > Chrome > Clear Cache.

5. Buang Aplikasi yang Bikin Internet di Android Lemot

Sebagaimana dikatakan pada cara pertama tadi. Anda bisa menggunakan Opera Max untuk menganalisis penggunaan internet di hp Android.

Setelah memantau pemakaian kuota internet di Android. Lihat, aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan kuota, dan paling sering terhubung ke internet dengan bandwith yang berlebihan.

Kamu bisa memblokir aplikasi ini agar tidak konek ke Internet dengan Opera Max. Atau menghapusnya, jika dirasa aplikasi tersebut memang tidak dibutuhkan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini akun-akun penyebar kebencian (hate-speech) di media sosial semakin banyak. ...