Home > Ragam Berita > Nasional > KPPU Pastikan Tidak Terjadi Gangguan Ditribusi Daging Sapi Jelang Natal

KPPU Pastikan Tidak Terjadi Gangguan Ditribusi Daging Sapi Jelang Natal

Jakarta – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KKPU) bersama dengan Tim Satuag Petugas Pangan melakukan kunjungan ke dua rumah potong hewan yang berada di Karawaci Tangerang dan Semanan Jakarta Barat. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bentuk tinfak lanjut hasil rapat koordinasi dengan Kapolri, Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Kemendag, Bulog dan BPOM.

KPPU Pastikan Tidak Terjadi Gangguan Ditribusi Daging Sapi Jelang Natal

KPPU Pastikan Tidak Terjadi Gangguan Ditribusi Daging Sapi Jelang Natal

Rapat koordinasi tersebut digelar guna membahas tentang stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Kunjungan KPPU dan Tim Satgas Pangan tersebut dilakukan secara mendadak pada hari selasa (12/12/2017) malam sekitar pukul 22.00 WIB untuk RPH Karawaci dan pukul 23.30 WIB untuk RPH Semanan.

Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua KPPU Syarkawi Rauf dan Komisioner KPPU Kamser Lumbanradja ini dimaksudkan untuk melihat kondisi riil dilapangan bagaimana ketersediaan dan harga daging sapi.

Baca juga : Netizen Penasaran Dengan Merk Pelembab Bibir Sandiaga

“KPPU ingin memastikan agar tidak terjadi gangguan distribusi bahan pangan strategis khususnya Daging Sapi menjelang natal dan tahun Baru yang disebabkan Oleh tindakan anti persaingan Dalam bentuk praktek monopoli maupun kartel bahan pangan,” terang Syarkawi, Selasa (12/12/2017).

Berdasarkan data dari Kementan, stok daging sapi saat ini sekitar 70.662 ton untuk bulan Desember 2017 ini. Sementara konsumsi hanya sekitar 50.479 ton sehingga mengalami surplus sekitar 20.183 ton. Hal ini ditambah lagi realisasi impor Pada bulan Desember 2017 yang diperkirakan sekitar 16.000 ton, yaitu 10.000 ton Daging Sapi dan 6.000 ton Daging kerbau.

“Dalam kondisi pasokan cukup seperti ini, kita harap tidak ada lagi oknum pelaku usaha yang coba-coba memainkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang eksesif,” tegas Syarkawi.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Sorban Ma'ruf Amin Yang Dipakai Saat Sidang Ahok Dilelang Untuk Korban Bencana Alam

Sorban Ma’ruf Amin Yang Dipakai Saat Sidang Ahok Dilelang Untuk Korban Bencana Alam

Jakarta – Ada pemandangan menarik dalam acara Festival Nasyid Nusantara hari ini dimana sorban berwarna ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135