Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Cara untuk Atasi Masalah Kulit saat Musim Hujan

Inilah Cara untuk Atasi Masalah Kulit saat Musim Hujan

Jakarta – Saat musim hujan tiba, tak jarang banyak sekali masalah yang datang menghampiri. Mulai dari penyakit yang menyerang pencernaan atau infeksi pada kulit. genangan air yang dihasilkan dari hujan dapat terkontaminasi oleh bakteri atau virus.

Inilah Cara untuk Atasi Masalah Kulit saat Musim Hujan

Bakteri atau virus inilah yang membuat banyak orang tertular berbagai macam penyakit kulit. terlebih dengan daya tahan tubuh yang sedang menurun, membuat bakteri lebih cepat berkembangbiak dalam tubuh. Melansir dari Lybrate, Jumat (2/11/2018), 3 penyakit ini yang sering terjadi ketika musim penghujan.

Eksim
Penyakit kulit yang satu ini sering muncul saat datangnya musim hujan. Walaupun eksim merupakan penyakit keturunan dan tidak menular, tetapi ketika datangnya musim penghujan, eksim dapat sering kambuh. Mulai dari terjadinya peradangan pada kulit, kemerahan dan rasa gatal yang tak tertahan. Kulit juga tampak kasar dan pecah-pecah disertai dengan kondisi kulit seperti lepuhan.

Orang yang memiliki penyakit eksim atau kulit sensitif harus lebih mengantisipasi selama musim hujan. Untuk mencegah eksim kambuh, Anda harus sering memperhatikan kebersihan diri. Anda bisa membawa pakaian ganti, jika sewaktu-waktu pakaian Anda terlalu basah. Karena eksim dapat kambuh salah satunya karena pakaian yang basah dan kotor.

Kudis
Penyakit kudis merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak, dewasa, maupun lanjut usia. Penyakit kulit ini biasa disebabkan oleh Sarcoptes scabiei yaitu tungau parasite. Umumnya penyakit kudis muncum ruam disertai rasa gatal yang tak tertahankan.selain itu kulit juga akan melepuh dan timbul bekas garukan.

Kelembapan suhu selama musim hujan sangat sempurna bagi tungau untuk berkembangbiak. Jika tidak segera ditangai, kondisi kulit akan semakin parah. Untuk mencegah terjadinya kudis saat musim hujan, Anda jangan terlalu lama menggunakan pakaian yang basah, terutama pada bagian bawah pakaian. Usahakan pakaian Anda tetap kering dan hindari kontak langsung dengan orang yang menderita kudis. Selama musim hujan, utamakan untuk selalu membawa sabun obat atau krim antibakteri.

Kutu air
Kutu air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya jamur berkembangbiak disebagian kulit di sekitar kaki dan sela-sela jari kaki. Kutu air dapat menyebabkan rasa gatal dan melepuh pada kulit. biasanya kutu air muncul karena kondisi udara yang sangat lembap atau seringnya kaki terkena air.

Selama musim hujan, ada baiknya Anda memakai sandal. Jangan biarkan kaki Anda selalu basah dan kotor. Jika Anda memakai sepatu, ganti kaus kaki minimal dua kali sehari untuk menghindari kelembapan. Hindari kontak langsung dengan orang yang menderita penyakit kutu air. Makanan ternyata juga berpengaruh dalam masalah kulit. Hindari makanan pedas dan perbanyak makan buah.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tips Mudah untuk Mengatasi Rambut Kusut

Inilah Tips Mudah untuk Mengatasi Rambut Kusut

Jakarta – Salah satu masalah rambut yang sering dihadapi banyak orang adalah kusut. Selurus apapun ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135