Gempa China

Gempa China

Sichuan – Sebuah gempa bumi kembali lagi melanda daratan China. Bahkan, kali ini bencana alam tersebut disinyalir telah menyebabkan kerusakan yang sangat parah lantaran letak epicentrum gempa yang dangkal. Kejadian ini terjadi pada Provinchi Sichuan pada Sabtu, (20/4/2013). Hal tersebut seperti yang telah diungkapkan oleh pejabat setempat. Sebagai catatan, sebelumnya yakni sekitar lima tahun yang lalu juga terdapat bencana gempa serupa pada wilayah yang sama. Bahkan, gempa bumi yang terjadi pada saat itu tercatat sebagai gempa bumi terbesar yang pernah melanda daratan China selama beberapa dekade terakhir ini.

Gempa dangkal tersebut dilaporkan terjadi tepatnya adalah pada kota Ya’an yang terletak pada tepi dataran Tinggi Tibet sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau sekitar pukul 07.00 WIB. Akibat dari gempa tersebut adalah terjadinya tanah longsor, hancurnya bangunan dan menyebabkan evakuasi penduduk secara besar – besaran. Untuk sementara, korban tewas dalam kejadian tersebut telah mencapai angka 56 jiwa, demikian dilansir oleh kantor berita China, Xinhua. Untuk mengatasi dampak yang lebih buruk dari bencana tersebut, pemerintah dilaporkan telah mengirimkan sekitar 2.000 personel tentara demi melakukan evakuasi serta pertolongan pada korban gempa.

“Gempa bumi di Ya’an, Lushan, telah menyebabkan ratusan orang terluka atau tewas,” tulis biro gempa Sichuan.

Peristiwa ini bahkan menyedot perhatian A.S. negeri tersebut melalui United States Geological Survey mengungkapkan bahwa kekuatan gempa yang melanda negeri tirai bambu tersebut diperkirakan mencapai angka 7,0 skala richter. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)