Pesawat MC-12

Pesawat MC-12

Washington – Pihak Pentagon mengungkapkan bahwa empat korban yang terlibat dalam sebuah kecelakaan pesawat di Afghanistan pada hari Sabtu, (27/4/2013) merupakan warga negara asal Amerika. Selain itu, dalam rilisnya mereka juga menambahkan bahwa kecelakaan tersebut murni karena adanya gangguan cuaca dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan kelompok militan Taliban. Hal ini seperti yang telah disampaikan oleh pihak Pentagon pada Reuters, Minggu (28/4/2013) waktu setempat.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya sempat terjadi sebuah kecelakaan terhadap pesawat di wilayah Shahjoi, Provinsi Zabul. Pihak kepolisian setempat mengungkapkan kecelakaan tersebut terjadi lantaran kondisi cuaca buruk. Pada waktu itu juga, NATO menyatakan bahwa keempat korban dalam kecelakaan itu adalah bagian dari pasukan perdamaian NATO. Akan tetapi, mereka tidak bisa mengidentifikasi kebangsaan keempat korban jiwa tersebut.

Terkait dengan kecelakaan yang menimpa pesawat jenis MC-12 itu, pihak Pentagon langsung melakukan proses investigasi dan akhirnya mereka mengumumkan hasilnya yakni bahwa keempat korban tersebut adalah Kapten Brandon Cyr (28), Kapten Reid Nishizuka (30), Staff Sergeant Daniel Fannin (30) dan Staff Sergeant Richard Dickson (24). Keempat korban tersebut adalah warga negara Amerika.

Sebelumnya, beberapa pihak mengkaitkan kecelakaan tersebut disebabkan lantaran serangan yang dilakukan oleh militan Taliban. Hal ini karena dalam beberapa waktu terakhir, pada wilayah Zabul sering terjadi kekerasan yang dilakukan oleh Taliban. Diantaranya adalah bom bunuh diri yang menyebabkan korban jiwa seorang diplomat  dan beberapa tentara AS. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)