Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4

Jakarta – Samsung sebagai produsen telekomunikasi, memang tak henti melakukan beberapa inovasi. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya varian dari produk yang dikeluarkannya. Baru-baru ini, Samsung telah meluncurkan Samsung Galaxy S4 dengan layar berukuran 5 inci 1080p.

Bahkan Samsung mengklaim bahwa Galaxy S4 ini dibenamkan teknologi Super AMOLed untuk yang pertama kalinya. Namun sayangnya beberapa pengguna mengeluhkan bahwa Galaxy S4 ini meyerap banyak sekali daya.

Pada dasarnya layar sendiri memiliki peran yang penting untuk menghasilkan cahaya. Pada smartphone sekelasnya yaitu iPhone 5 atau HTC, pada layar belakangnya dibenamkan LED yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar.

Namun untuk layar yang menggunakan OLED, pada umumnya tidak menggunakan LED sehingga yang berlaku sebagai sumber cahaya adalah OLED itu sendiri. Seperti yang dilansir dalam Geek, Rabu (1/5/2013), bahwa  dalam Samsung Galaxy S4 panel OLED nya mengkonsumsi sekitar 50 persen dari pencahayaan, sehingga memerlukan sekitar 1,5 watt untuk mendapatkan warna layar yang maksimal.

Memang jika Anda melihat spesifikasi dari Samsung Galaxy S4 ini, ia memiliki resolusi yang cukup besar yaitu 1920×1080 dengan kerapatan 441 ppi dibandingkan dengan iPhone yang hanya memiliki resolusi 1135×640 dengan kerapatan 326ppi.

Namun pada kenyataannya layar iPhone mampu hemat daya dibandingkan dengan Galaxy S4. Sehingga tak mengherankan apabila  Samsung memasang baterai yang bisa dilepas-pasang dengan kapasitas 2600mAh, sedangkan Apple berani menyematkan baterai yang permanen. (Choirul Anam – www.harianindo.com)