SNMPTN

Ilustrasi Gambar SNMPTN Free

Jakarta – Selepas masa SMA memang rata-rata akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi baik itu yang negeri ataupun swasta. Untuk PTN biasanya mereka akan menjalani serangkaian tes yang digunakan agar dapat lolos memperebutkan kursi PTN yang terbatas jumlahnya. Untuk tahun ini sistem yang digunakan adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Setiap tahun memang ada penerimaan mahasiswa baru di PTN, sehingga untuk mendapatkan hasil saringan yang terbaik maka sistemnya terus dikaji ulang oleh pihak terkait. Seperti yang dilansir dalam ITB, Selasa (28/5/2013), Prof. Dr. Bambang Cipto, M.A selaku Wakil Ketua Panitia SNMPTN 2013 mengungkapkan bahwa untuk tahun depan seleksinya masih menggunakan SNMPTN.

Perbaikan penggunaan sistem SNMPTN ini masih dilakukan, karena dengan pengkajian tersebut untuk kebaikan dari sistem pendidikan Indonesia juga, tambah Bambang. Memang jumlah kursi yang tersedia di bangku PTN lebih sedikit jumlahnya.

Namun ada beberapa jalur yang digunakan untuk dapat masuk ke PTN selain SNMPTN yaitu jalur bidik misi. Biasanya untuk jalur bidik misi ini, di sekolah-sekolah telah memberikan informasi beberapa syarat-syarat untuk Perguruan Tinggi yang ingin diminati. (Rani Soraya – www.harianindo.com)