Ilustrasi Gempa

Ilustrasi Seismograf

Taipei – Taiwan diguncang gempa yang berkekuatan 6,3 SR pada hari Minggu (2/6/2013). Bahkan gedung-gedung yang ada di Taipei mengalami guncangan yang kuat akibat gempa tersebut. Gempa yang terjadi pada pukul 1.43 siang ini terletak di 32 km timur di sekitar daerah Nantou dengan pusat kedalam mencapai 10 km.

Akibat gempa ini semua orang berhamburan ke jalanan untuk menyelamatkan diri. Bahkan gempa ini juga dirasakan oleh mereka yang tinggal di Hongkong, dimana jarakanya sekitar 700 km dari pusat gempa. Satu orang pria dikabarkan meninggal akibat gempa ini.

Seperti yang dilansir dalam AFP, Minggu (2/6/2013), Badan Pemadam Kebakaran Nasional menuturkan bahwa pria tersebut meninggal akibat terkena bebatuan yang berasal dari Gunung Ali tepatnya di Taiwan tengah ketika ia sedang memanjat gunung.

Saat ini sekitar empat helikopter telah dikirmkan ke pusat gempa untuk melakukan pertolongan pertama. Namun sampai saat ini berlum diketahui berapa besar kerusakan akibat gempa tersebut dan belum ada peringatan tsunami dengan adanaya gempa ini.

Nantou merupakan daerah titik episentrum gempa. Seperti yang kita ketahui bahwa pada 21 September 1999 juga terjadi gempa dengan kekuatan 7,6 SR dan menjadi bencana alam yang sangat mengerikan dalam sejarah Taiwan. Dimana ada sekitar 2.400 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. (Rani Soraya – www.harianindo.com)