Jakarta – Viralnya foto kebaktian tutup peti di depan Masjid Darussalam, Jakarta Pusat, ternyata menarik perhatian dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Bagi Lukman, peristiwa tersebut tampak menyejukkan.

Pada Jumat (30/08) yang lalu, Lukman sempat berkunjung ke Masjid Darussalam di Cempaka Baru, Kemayoran, untuk salat Jumat. Kepada pengurus dan jemaah masjid, Menag mengungkapkan rasa syukur atas toleransi yang diberikan dan terjadi di masjid tersebut.

“Ini sungguh menyejukkan. Ini sesungguhnya pengamalan ajaran Islam yang menebarkan damai. Masjid ini bernama Darussalam (Kampung Damai), subhanallah,” ungkap Lukman seperti dikutip dari situs Kemenag, Minggu (01/09/2019).

Bagi warga sekitar, kebaktian umat Kristen di depan masjid mungkin menjadi hal yang wajar. Namun Lukman beranggapan bahwa peristiwa ini bisa dilihat berbeda oleh masyarakat secara umum.

“Mungkin bagi pengurus masjid dan warga setempat, kejadian mengizinkan umat Kristiani melaksanakan kebaktian di halaman masjid seperti itu adalah hal biasa. Namun bagi masyarakat luas dan mata dunia menjadi sesuatu yang lain. Ini amat sangat menyejukkan bahwa Islam di Indonesia seperti ditunjukkan takmir masjid adalah Islam yang senantiasa menebarkan damai dan rahmat bagi sesama,” jelasnya. (Hr-harianindo.com)