Pasukan Pemerintah Suriah

Pasukan Pemerintah Suriah

Damaskus – Keadaan di Timur Tengah saat ini memang belum menemui titik terang. Bahkan para oposisi Suriah yang saat ini berada di Kota Qusair masih bertahan di posisinya. Jika dihitung waktu pertempuran yang berada di Qusair ini sudah bergulir selama tiga minggu.

Dimana pasukan pemerintah mengatakan bahwa mereka akan menduduki kota Qusair hanya dalam beberapa hari saja. Dengan demikian para pasukan oposisi ini tentunya akan menghadapi pasukan pemerintahan dan juga pasukan dari militan Hizbullah.

Seperti yang dikutip dalam Daily Star, Selasa (4/6/2013), Jeff White selaku pengamat pertahanan Amerika Serikat (AS), mengungkapkan bahwa saat ini pasukan oposisi layak untuk mendapatkan pujian. Karena dengan kegigihannya dalam berjuang, mereka dapat berhasil merubah keadaan yang ada saat ini.

Dimana saat ini pihak oposisi hanya berjuang dengan senjata seadanya saja. Bahkan dari segi jumlahpun pasukan oposisi kalah dari pasukan pemerintah. Pada saat basis pertahanan oposisi di bom oleh pasukan pemerintah menggunakan jet tempurnya, pasukan oposisi hanya membalasnya dengan senjata ala kadarnya saja.

Dengan kondisi yang tidak seimbang inilah, maka pasukan pemerintah merasa dapat mengalahkan oposisi dengan mudah. Walaupun memang sejak lama pasukan oposisi menyiapkan semua pertahanannya, namun nampaknya cepat atau lambat, Qusair dapat direbut kembali oleh pasukan pemerintah, tambah White. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)