Konvoi pemberontak Suriah

Konvoi pemberontak Suriah

Washington – Terkait dengan konflik yang terjadi di Suriah, pihak pemerintah Amerika telah menetapkan langkah untuk memberikan bantuan terhadap pasukan pemberontak Suriah. Bentuk bantuan tersebut adalah berupa peralatan militer yakni mortar dan RPG. Hal ini seperti yang telah diberitakan dalam Reuters, Jumat (14/6/2013).

Menuduh pihak Presiden Suriah Bashar Al Assad telah menggunakan senjata kimia, Gedung Putih mengungkapkan komitmen mereka untuk memberikan bantuan dalam bidang militer pada para pemberontak Suriah. Bantuan ini menjadi bantuan militer pertama mereka terhadap pihak Suriah.

Sementara itu, dua sumber dari keamanan Eropa mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan oleh pihak Amerika tersebut akan meningkatkan jumlah persenjataan milik para pemberontak Suriah yang sebelumnya telah didukung oleh kekuatan regional meliputi Arab Saudi dan Qatar yang juga memberikan bantuan berupa RPG dan persenjataan berat lainnya.

Dengan bantuan RPG tersebut, maka saat ini pihak pemberontak akan memiliki kekuatan kembali untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintah Suriah yang memiliki kendaraan lapis baja dan bahkan tank. Namun demikian, salah satu sumber terpercaya dari AS mengungkapkan bahwa dirinya tidak yakin bentuan AS tersebut akan memberikan efek terhadap kekuatan pemberontak Suriah.

Selain itu, juga tidak terdapat berita mengenai bantuan berupa senjata anti pesawat yang memiliki nama MANPADS akan diberikan terhadap pasukan pemberontak Suriah guna melawan Assad dan sekutu Lebanon mereka. Lebih lanjut, pihak pemerintah AS sendiri melalui Penasihat Pertahanan mereka, Ben Rhodes menolak memberikan detail tentang bantuan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)