Elias Jaua

Elias Jaua

Montevideo – Pihak Pemerintah Venezuela mengungkapkan bahwa mereka hingga kini masih belum menerima tanggapan atas tawaran suaka politik terhadap mantan anggota CIA, Edward Snowden. Hal tersebut seperti yang telah dirilis oleh Reuters, Kamis (11/7/2013) mengutip pernyataan dari Menteri Luar Negeri Venezuela, Elias Jaua.

“Kami telah melakukan pembicaraan dengannya (Snowden) pada minggu lalu, kami telah memberikan tawaran suaka terhadapnya. Sayang, hingga kini kami belum mendapatkan tanggapan dari Snowden,” ujar Jaua menjelang acara pertemuan Menteri Luar Negeri regional di Montevideo, Uruguay.

Sebagai catatan, Venezuela bersama dengan Bolivia dan Nicaragua telah memberikan tawaran suaka politik terhadap Snowden yang saat ini menjadi buronan AS atas pembocoran rahasia intelijen mereka.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Snowden terjebak di terminal transit dari bandara udara Moskow sejak 23 Juli lalu ditengah meningkatnya kemungkinan bahwa dirinya akan melakukan penerbangan ke wilayah Amerika Latin.

Sementara itu, para Menteri Luar Negeri dari negara-negara Amerika Latin saat ini telah berkumpul guna melakukan pembicaraan terkait dengan kegiatan intelijen yang telah dilakukan oleh pihak Amerika Serikat dan larangan terbang terhadap pesawat Presiden Evo Morales ketika melakukan kunjungan ke Eropa. Rencananya, pertemuan tersebut akan dilangsungkan pada Jumat, 12 Juli 2013 waktu setempat.

“Kami akan melakukan sebuah diskusi singkat terkait dengan kegiatan mata-mata AS,” ujar Menteri Luar Negeri Uruguay, Luis Almagro.

Pertemuan yang akan dilangsungkan pada Jumat tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri dari Argentina, Brazil, Venezuela dan Uruguay sebagai tuan rumah. (Rani Soraya – www.harianindo.com)