Masinis Kereta Naas Spanyol Segera Ditahan

Francisco Jose Garzon Amo

Madrid – Kecelakaan kereta yang terjadi di Spanyol beberapa waktu lalu memang menyisakan duka. Tercatat sekitar 78 orang yang meninggal akibat kereta yang tergelincir tersebut. Atas insiden tersebut masinis kereta naas itu saat ini ditahan dengan dugaan atas kelalaiannya sehingga menyebabkan kecelakaan.

Berita ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Spanyol. Untuk saat ini masinis yang bernama Francisco Jose Garzon Amo ini berada di bawah pengawasan dari kepolisian. Walaupun ia berada di rumah sakit yang ada di dekat kota utara-barat Santiago de Compostela sejak 24 Juli kemarin, namun ia masih terus diawasi.

Memang ia dijadwalkan akan segera di bawa ke kantor polisi setelah keadaannya membaik. Namun sayang hingga saat ini ia masih belum bisa menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan terkait insiden tersebut.

Seperti yang dilansir dari Metro, Minggu (28/7/2013), menteri Jorge Fernandez Diaz, mengungkapkan bahwa Garzon memang akan ditahan atas dugaan pembunuhan atas keteledorannya sebagai masinis.

Dimana selama beberapa dekade, kecelakaan kereta Spanyol ini yang paling parah dan menelan banyak korban. Walaupun memang mungkin nanti akan ada beberapa alasan untuk ia (Garzon) bertanggungjawab atas insiden ini, namun semuanya akan dipertimbangkan oleh hakim dan juga investigator.

Garzon sendiri diambil fotonya oleh pihak penyidik saat ia masih berlumuran darah sesaat setelah kereta tersebut yang telah melukai sekitar 140 orang. Pihak penyidik sendiri masih menelusuri apakah rem kereta tersebut gagal digunakan atau sama sekali tidak digunakan.

Menurut para ahli setelah melakukan investigasi, maka pihak ahli telah menyimpulkan bahwa kasus kecelakaan ini adalah sepenuhnya tanggungjawab masinis. Sehingga Garzon akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. (Rani Soraya – www.harianindo.com)