PAN Diterpa Rumor Perpecahan

PAN

Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Partai Amanat Nasional (PAN), dimana internal partai dinilai sedang terpecah menjadi dua, yaitu kubu Amien Rais dan Hatta Rajasa. Amien Rais untuk saat ini sedang diikuti oleh beberapa elite PAN seperti Waketum Dradjad Wibowo, Sekjen Taufik Kurniawan, dan eks Sekjen PAN yaitu Zulkifli Hasan.

Sedangkan dari kubu Hatta Rajasa didukung oleh elite PAN yang ada di DPP.Terkait isu tersebut Ketua DPP PAN Tjatur Sapto Edy menampik adanya isu tersebut, karena saat ini kondisi PAN masih adem ayem. Walaupun Amien sendiri menyatakan ia setuju dengan pencapresan yang Hatta Rajasa.

Ketika dikonfirmasi oleh wartawan harianindo, Minggu (4/8/2013), Tjatur mengungkapkan bahwa menghadapi Pemilu 2014 nanti, yang panas adalah mesin partainya. Memang sebagai pendiri PAN, Amien adalah orang yang paling didengar dan menjadi sesepuh partai.

Pihak Amien Rais sendiri memang secara spontan mendukung pecalonan presiden dari Hatta Rajasa. Namun yang menjadi pertanyaan adalah Amien sendiri juga ingin mencalonkan dirinya sebagai presiden. Oleh karena itu Amien sendiri mendukung Hatta dengan catatan, PAN harus dapat meraih suara sekitar 12% di pemilu tahun 2014 nanti. Tentu ini sangat sulit.

Pada saat pelepasan acara mudik gratis yang diselenggarakan ole PAN, bertempat di Hall Basket, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (3/8/2013), Amien Rais mengungkapkan bahwa ia realiastis saja, jika pemilu besok suara yang tidak mencapai 12% maka pak ketum akan menjadi cawapres saja.

Namun di sisi lain, elite dari PAN, sendiri terus loyal untuk terus menyuarakan Hatta sebagai capres. Sampai saat ini belum diketahui siapa yang nantinya akan menjadi capres yang akan diusung oleh PAN pada Pemilu 2014 nanti. (Rani Soraya – www.harianindo.com)