Jurnalis AL Jazeera Telah Ditangkap Oleh Otoritas Mesir

Sumber Foto: Guardian

Kairo – Empat orang jurnalis yang berasal dari sebuah stasiun tv Al Jazeera kabarnya terpaksa ditahan di Kairo, Mesir. Dimana penangkapan ini diduga dikarenakan pihak otoritas Mesir saat ini sudah mulai gerah dengan adanya pemberitaan para jurnalis yang dirasa sangat memojokkan pihak pemerintahan Mesir.

Keempat jurnalis yang ditangkap tersebut adalah dua orang produser Russ Finn dan Baher Mohammed, koresponden Wayne Hay dan juru kamera Adil Bradlow.Tepatnya pada Selasa, 26 Agustus 2013 kemarin, keempat jurnalis tersebut ditangkap.

Namun berdasarkan penuturan dari pihak Al Jazeera bahwa penangkapan tersebut telah berlangsung sejak 27 Agustus 2013. Seperti yang dikutip dari The Guardian, Jumat (30/8/2013), bahwa pihak otoritas telah memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan keempat jurnalis tersebut.

Walaupun demikian, pada akhirya dari pihak otoritas Mesir telah mengabulkan adanya permohonan pembebasan para jurnlis tersebut. Sebagai informasi bahwa hanya berselang seminggu setelah penyergapan dan juga penangkapan Mubahser Misr, staf jaringan televisi Al Jazeera di Mesir , keempat jurnalis tersebut pada akhirnya juga ditangkap.

Alasannya adalah Menteri Dalam Negeri Mesir telah menuduh bahwa Al Jazeera terlalu berlebihan dalam memberitakan kondisi Morsi, bahkan dikabarkan pemerintah Mesir telah merencanakan kampanye untuk melawan Al Jazeera . Terkait tuduhan dari ootoitas Mesir tersebut maka dari pihak stasiun televisi langsung membantah semua tuduhan tersebut. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)