Vladimir Putin

Vladimir Putin

Saint Petersburg – Vladimir Putin, Presiden Rusia sepertinya serius dengan komitmen mereka terhadap konflik yang selama ini melanda Suriah. Orang nomor satu Rusia tersebut menyatakan bahwa pihaknya bakal memberikan bantuan terhadap Suriah apabila mereka mendapatkan serangan dari Amerika Serikat dan sekutunya. Tentu saja, pernyataan Putin tersebut semakin mempertinggi tensi antara Rusia dan Amerika Serikat dalam kasus Suriah.

Pernyataan yang dilontarkan oleh Putin tersebut terjadi saat dirinya mendapatkan pertanyaan dari pihak media massa dalam konferensi G-20 yang berlangsung di Saint Petersburg, Rusia. Selain itu, Putin juga menambahkan bahwa pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan Suriah dalam hal kemanusiaan yakni dengan memberikan bantuan bagi warga Suriah yang menjadi korban.

Berdasar rilis dari China.org, Sabtu (7/9/2013), Putin mempertegas bahwa isu senjata kimia yang selama ini melanda kubu Suriah tersebut hanyalah upaya Amerika Serikat dan sekutunya untuk mendapatkan dukungan dari dunia internasional. Menurutnya, upaya tersebut sengaja dilakukan untuk melakukan provokasi pihak pemberontak Suriah yang mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan sekutunya.

Lebih jauh, Putin menyatakan bahwa tidaklah benar kabar yang menyebut telah terjadi perpecahan di pihak penentang langkah AS untuk melakukan serangan ke Suriah.(Rani Soraya – www.harianindo.com)