Toyota Berencana Mewujudkan GT86 HybridTokyo – Frankfurt Motor Show merupakan sebuah ajang bergengsi dan sebagai salah satu motor show yang terbesar. Disana setiap pabrikan mobil memamerkan apa saja terkait rencana atas produksinya di masa depan.

Demikian hal nya dengan Toyota. Seperti yang dikutip dari Caradvice, Sabtu (14/9/2013), Koei Saga, senior manajer divisi pengembangan alat penggerak Toyota mengungkapkan bahwa nantinya mobil sport Toyota GT86 akan memiliki sistem penggerak hybrid.

Karena saat ini pengembangan sudah cukup maju dan apabila sudah disetujui maka pihaknya akan segera mewujudkannya. Nantinya GT86 yang menggunakan sistem hybrid akan memiliki beberapa komponen yang telah digunakan oleh TS030 LMP1 racer serta Prius GT300 dari Super GT series Jepang.

Sedangkan untuk mekanikal yang lainnya, rencananya akan ditambahkandari konsep Yaris Hybrid–R. Sayangnya sampai saat ini masih ada dua isu yang nampaknya akan diselesaikan untuk mengembangan GT86 Hybrid.

Kedua isu tersebut adalah mengenai bobot dan juga transmisi manualnya. Karena setiap mobil Hybrid akan diberi baterai tambahan yang cukup berat. Saga menambahkan bahwa jika nantinya layout dari desain bagus, maka tidak akan menjadi soal jika bobotnya sedikit naik, asalkan masih menyenangkan ketika dikendalikan.

Untuk diketahui bahwa Yaris Hybrid R sendiri memiliki transmisi manual dengan 6 kecepatan. Sehingga kemungkinan besar Toyota GT86 nanti juga akan menggunakannya. Namun sampai saat ini belum diketahui berapa harga dan juga kapan mobil ini akan diperkenalkan ke pasaran. (Tita yanuantari – www.harianindo.com)