Rekor Drifting Dunia Digenggam Toyota 86Jakarta – Kehadiran Toyota 86 memang dapat dikategorikan sebagai mobil sport entry level. Hal ini dikarenakan mobil ini berhasil menyabet rekor drifting tercepat di dunia atau Guiness Drift World Record Challenged.

Seperti yang dikutip dari worldcarfans, Jumat (27/9/2013), dalam ajang tersebut Toyota 86 telah berhasil mencetak rekor dengan kecepatan mencapai rata-rata 136,23 mph (217,97 km/jam). Untuk memecahkan rekor tersebut memang pihak Toyota telah bekerja sama dengan tim Orlen.

Untuk diketahui bahwa untuk memecahkan rekor ini, telah dilakukan sejak awal bulan September ini, dengan mengambil tempat di bekas bandara militer yang ada di Biala Podlaska, Polandia. Untuk menghasilkan performa yang mumpuni, mobil asal Jepang ini banyak dilakukan modifikasi di bagian mesinnya.

Sehingga mampu menghasilkan tenaga mencapai 1.068 bhp (796 kW). Selain itu modifikasi kaki-kaki nya juga dilakukan oleh tim Orlen. Adalah Kuba Przygonski, pria yang ada di balik kemudi yang memiliki sudut 49 derajat sehingga dapat memicu mobil hingga mencapai kecepatan 256 km/jam.

Pria asal Kuba ini juga tercatat melakukan drifting bersama dengan BMW Performance Center dengan membawa BMW M5 dengan menempuh jarak mencapai 51,278 mil (85,520 km) di bulan Mei 2013. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)