Indonesia Segera Produksi Tank PertamanyaJakarta – Tank buatan asli Indonesia yang pertama akan segera dikenalkan oleh PT Pindad (Persero) ke masyarakat luas. Untuk saat ini bertempat di pusat pengembangan PT Pindad, memang tank masih dalam tahapan pematangan model prototype untuk tank tipe medium.

Berdasarkan gambar yang diperoleh wartawan harianindo, memang tampilan bodynya mirip dengan panser Anoa 6X6. Dalam keterangan persnya, Rabu (30/10/2013), Tuning Rudiyanti sebagai Kepala Departemen Humas dan Hukum PT Pindad mengungkapkan bahwa memang karya tank medium milik Pindad ini masih membutuhkan penyempurnaan disana-sini.

Untuk saat ini tank masih masuk ke dalam litbang, secara fisik diungkapkan oleh Tuning memang sudah jadi namun secara teknis tank kelas medium ini baru jadi setengahnya. Dan yang lebih membanggakan adalah tank ini adalah hasil karya Pindad seutuhya.

Memang tank ini adalah kelanjutan dari pengembangan dari panser Anoa, kendaraan taktis Komodo. Bahkan jika nantinya prototype dari tank yang diberi nama SBS ini sudah selesai maka produsen kendaraan dan senjata yang berplat merah ini akan memsertifikasikannya ke pihak Kementerian Pertahanan.

Jika proses sertifikasi selesai maka langkah selanjutnya adalah memproduksinya. Diharapkan nantinya tank produksi bangsa ini dapat disejajarkan dengan tank medium seperti Marder. Hasil produksi dari Pindad ini dapat membantu pengembangan medium tank yang sudah terjalin antara Kementerian Pertahanan Indonesia dengan pihak Turki. (Choirul Anam – www.harianindo.com)