Jepang Resmikan Program Rehabilitasi Bagi Pecandu InternetTokyo – Ternyata rehabilitasi bukan hanya bertujuan untuk menyembuhkan seseorang dari ketergantungan akan narkoba, minuman keras, dan sejenisnya. Tetapi juga bagi pecandu internet. Seperti dilansir dari The Tokyo Times (Senin, 9/12/2013), Pemerintah Jepang bahkan telah mengumumkan program kamp rehabilitasi bagi para pelajar yang dinyatakan memiliki ketergantungan serius terhadap internet.

Program yang digagas oleh kementrian pendidikan ini diambil berkat informasi yang dilakukan oleh Nihon University. Laporan dari penelitian itu menyebutkan bahwa 8% dari 100.000 pelajar yang di survei, memiliki kecanduan akan internet.

Program rehabilitasi ini akan meliputi pusat pelatihan outdoor yang akan diisi oleh pakar-pakar psikologi yang akan berperand alam penyembuhan si penderita. Jepang bukanlah negara pertama yang membuka kamp semacam ini. Amerika Serkat, China, dan Korea Selatan juga sudah melakukannya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)