Sao Paulo – Keberadaan dari VW Kombi hanya tingga menunggu beberapa hari lagi. Hal ini dikarenakan mobil legendary yang memiliki bentuk seperti roti ini pada akhir bulan ini akan dihentikan produksinya. Tercatat saat ini Brasil adalah satu-satunya Negara yang saat ini masih memproduksi Kombi.

Apakahkah Benar VW Berakhir ?

Dimana setiap harinya, pabrikan VW yang ada di Sao Paulo, Brasil telah memproduksi sekitar 251 VW Kombi. Karena tepat pada 31 Desember 2013 nanti, Kombi akan menghentikan produksinya dikarenakan adanya regulasi baru yang ada di Amerika Selatan berkaitan dengan kendaraan yang akan dijual.

Karena per 1 Januari 2014 nanti, setiap mobil yang akan diproduksi harus memenuhi fitur keselamatan yang meliputi airbag dan juga ABS. Nantinya Kombi yang terakhir diproduksi pada tanggal 20 Desember 2013. Dengan kondisi ini maka kini VW harus mengatur ulang 700 karyawannya yang selama ini bekerja di pabrik yang ada di Brasil.

Pihak VW sendiri akan memproduksi sekitar 1.200 unit special edition yang dipergunakan untuk tanda perpisahan. Seperti yang dilansir dari The Telegraph, Kamis (19/12/2013), melalui Menteri Keuangan Guido Mantega pihak pemerintah Brasil masih mempertimbangkan segala kemungkinan agar Kombi masih dapat diproduksi.

Hal ini dikarenakan sejak diproduksi memang Kombi tidak didesain dengan fitur keselamatan yang modern. Di sisi lain, VW di Brasil dijadikan sebagai alat transportasi yang cukup terjangkau bagi para pengusaha. Karena selama ini Kombi dikenal memiliki kehandalan dan juga kepraktisan yang dapat mengangkut berat lebih dari 1 ton dengan kapasitas penumpang berjumlah 9 orang.

Selain itu di Brasil, Kombi menjadi mobil terlaris yang menempati posisi yang keenam dengan angka penjualan mencapai 26.000 unit. Sangat disayangkan ketika mobil ini harus dihentikan produksinya. Lalu apa komentar dari pihak VW terkait masalah ini, VW hanya berujar akan mengevaluasi berbagai kemungkinan yang masih dapat digunakan untuk dapat melanjutkan produksi dari Kombi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)