Pasar Smartphone AS Dikuasai AppleCalifornia – Pasar smartphone Amerika Serikat saat ini terus dikuasai oleh Apple, walaupun Samsung sebagai rival terberatnya saat ini posisinya di pasaran global masih kuat. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh NPD Group, bahwa dikuartal IV/2013 iPhone berhasil menguasai pasar smartphone AS sebesar 42 persen, sedangkan Samsung sebesar 26 persen.

Seperti yang dikutip dari Tech Crunch, Jumat (17/1/2014), untuk perbandingan saja di kuartal yang sama di tahun 2012, Apple berhasil meraih pasaran sebesar 35 persen dan Samsung sebesar 22 persen. Alhasil dilihat dari data yang baru didapat adanya kesenjangan yang cukup lebar diantara keduanya.

Dengan adanya informasi ini tentu bukan kabar baik bagi Samsung. Ditambah lagi dari hasil prediksi Kantar Wordlpanel Comtech yang mengungkapkan bahwa Desember 2013 kemarin, Samsung telah tergeserkan posisinya di China dengan sebuah vendor lokal yang memiliki nama Xiaomi.

Ditambah lagi dari informasi didapatkan bahwa saat ini diantara produsen handset terkemuka yang ada di AS, LG-lah yang memiliki pertumbuhan cukup signifikan. Sedangkan produsen lain seperti BlackBerry, Motorola dan HTC mengalami penuruanan.

Sedangkan di Negeri Paman Sam, keberadaan Nokia yang menggunakan OS Windows Phone nya pangsa pasarnya relatif sedikit. Dimana posisi enam besar diduduki oleh produsen smartphone dengan urutan Apple, Samsung, Motorola, LG, HTC, dan BlackBerry.

Dari catatan NPD, penetrasi smartphone yang ada di AS telah meningkat. Karena ada sekitar 60 persen pengguna ponsel yang ada di AS rata-rata menggunakan smartphone. Tentunya pencapaian ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan sebesar 52 persen.

Dengan bertambahnya kepemilikan smartphone otomatis penggunaan data juga meningkat sebesar 6,6 GB tiap bulannya dari semula sebesar 5,5 GB. Bahkan NPD berujar bahwa faktor naiknya penggunaan data tidak lain dikarenakan adanya layanan streaming musik yang sering digunakan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)