Pintu Air Manggarai Mencapai 960 cmJakarta – Hujan yang terus menguyur wilayah Jakarta dengan intensitas tinggi sejak semalam, membuat Tinggi Muka Air (TMA) yang ada di Pintu Air Manggarai mencapai ketinggian 960 sentimeter (cm). Alhasil untuk mengurangi debit air yang ada di Pintu Air Manggarai dibuka.

Pada saat dihubungi wartawan harianindo, Sabtu (18/1/2014), salah seorang penjaga pintu air Manggarai, Hadi Widodo mengungkapkan bahwa sejak pintu air manggarai berstatus siaga satu, maka alirannya sudah lansung dibuka.

Keputusan dibukanya pintu air Manggarai yang mengarah ke Istana ini berdasarkan atas kebijaksanaan dari jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dimana nantinya air di arahkan ke Gunung Sahari, Senen, dan Istana Presiden.

Hal ini tidak lain bertujuan agar volume air di pitu air Manggarai tidak terlalu besar. Dengan dibukanya BKB (Kanal Banjir Barat) aliran air mengarah ke Istana yang melalui Gunung Sahari dan juga Senen untuk kemudian mengarah ke Sungai yang ada di Jalan Juanda, Jakarta Pusat.

Namun sepertinya langkah yang diambil oleh Pemprov DKI Jakarta membuat beberapa titik akan terendam banjit seperti untuk di wilayah Senen dan Gunung Sahari. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)