Facebook Mengekor Beberapa Fitur TwitterCalifornia – Facebook kini memiliki sebuah fitur terbaru yaitu Trending. Dimana dengan adanya fitur ini maka para penggunanya dapat mengetahui topik obrolan yang saat ini sedang ramai dibicarakan oleh media sosial ini.

Seperti yang dikutip dari Itproportal, Sabtu (18/1/2014), terungkap bahwa dengan adanya fitur ini maka para pengguna dapat melihat banyak konten. Bahkan untuk para pengguna PC desktop yang ada di wilayah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India dan Australia di sebelah kanan hompage dapat melihat adanya kotak trending terbaru.

Fitur terbaru dari Facebook ini memiliki lambang tanda biru yang berlekuk-lekuk. Dimana untuk saat ini topik yang sedang hangat dibicarakan adalah Bruce Springsteen, Rex Ryan sampai event-event seperti Academy Awards, Westminster Kennel Club Dog Show hingga tempat-tempat tertentu seperti J.C. Penney.

Bahkan topik yang sedang menjadi trending diberi headline tebal dengan diberi penjelasan apa alasan topik obrolan tersebut menjadi ramai. Para pengguna juga dapat member klik kepada judul untuk dapat membuka informasi tersebut secara terpisah dari artikel, video, foto, serta beberapa update status dari teman-teman Anda di halaman publik dan page yang lainnya.

Jika diteliti, fungsinya sama dengan Trending Topics yang ada di Twitter. Dimana facebook mengunakan algoritma yang dapat menyoroti beberapa topik yang meningkat. Bahkan dengan fitur ini akan secara real time dan otomatis diperbaharui yang disesuaikan dengan popularitas dari topik obrolan.

Dari keterangan manajer teknik Facebook, Chris Struhar terungkap bahwa sebenarnya topik yang tren ini lebih bersifat pribadi, dimana dapat memperlihatkan beberapa hal yang memang Anda minati dan apa saja yang menjadi tren di Facebook.

Tidak dipungkiri bahwa jejaring sosial yang dirintis oleh Mark Zuckerberg ini mengekor jejak dari Twitter. Hal ini pertama kali tercatat ketika facebook meniru hashtag yang ada di twitter dan kini kembali fitur Trending Topics ditiru oleh Facebook. Bahkan yang menarik adalah fitur ini juga dapat digunakan di YouTube, website Quora dan Google+. (Choirul Anam – www.harianindo.com)