Yamaha Patenkan Nama YZF-R3 dan R3Tokyo – Motor konsep terbaru Yamaha yang memiliki nama YZR-R3 dan R3 sepertinya akan dipatenkan oleh pabrikan motor Yamaha. Dimana rencananya nanti jika sudah resmi dipatenkan nama tersebut akan dipasarkan untuk wilayah Eropa.

Tercatat sejak 6 Januari 2014 lalu, pabrikan yang memiliki logo Garpu Tala ini sudah melakukan pengajuan hak paten nama serta saat ini masih dalam proses pengkajian. Jika sudah resmi maka perusahaan asal Jepang ini akan segera merilisnya, demikian dilansir dari Motorcycle.com, Jumat (17/1/2014).

Namun sayang, tidak ada keterangan resmi terkait hak paten tersebut. Yang jelas adalah nantinya nama YZR-R3 dan R3 diperuntukkan sepeda motor, skuter, skuter roda 3 ataupun suku cadang. Seperti halnya dahulu ketika Yamaha mematenkan MT-09. Dimana pada saat itu pihak Yamaha menyatakan bahwa nama tersebut akan diperuntukkan bagi kendaraan darat, kendaraan di air, sepeda motor, skuter atau yang sejenisnya.

Walaupun memang sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin, namun sepertinya R3 tidak diperuntukkan bagi skuter roda 3. Hal ini dikarenakan pihak Yamaha sudah member nama Tricity untuk skuter roda 3 nya.

Sedangkan nama YZF ini sepertinya akan diberikan untuk sportbike Yamaha, seperti halnya YZF-R1 dan YZF-R6. Diprediksi nama YZF dan R3 ini diberikan untuk sepeda motor sport dengan kapasitas mesin kecil.
Namun sampai saat ini semuanya masih menjadi misteri. Namun untuk saat ini pihak Yamaha telah mengenalkan R15 dan R25 di pasaran Indonesia yang rencananya akan diluncurkan pada tahun ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)