Google Jual Motorola ke LenovoCalifornia – Dedengkot dunia maya, Google, telah menyerahkan kepemilikan brand Motorola kepada produsen komputer asal China, Lenovo. Seperti dilansir dari CNET (Rabu. 29/1/2014), Google mengkonfirmasi penjualan Motorola pada website resminya dengan nilai $ 2,91 miliar (Rp 34, 9 triliun).

Lenovo mendapatkan merk Motorola, sekaligus portfolio beberapa produk mereka, termasuk di dalamnya Moto X dan Moto G. Lenovo juga mendapatkan aset berupa 2000 paten produk, meski Google tetap memegang mayoritas hak paten yang didapat Motorola di era kepemilikan Google.

Adapun dengan penjualan ini, Google seakan lega telah melepas satu divisi bisnis mereka yang telah menyebabkan penurunan profit perusahaan secara umum. Pembelian Motorola pada 2012 dinilai sebagai langkah bisnis terburuk dalam sejarah Google.
Motorola dibeli dengan harga $ 12,5 miliar (Rp 150 triliun). Saat itu Google membeli Motorola dengan alasan utama untuk “melindungi” paten-paten di dalamnya yang masuk ke dalam ekosistem Android, dari tangan-tangan kompetitor smartphone lain non-Android, seperti Apple. Sebagaimana diketahui, Android, yang berbasis open-source, telah menjadi demikian besar dan mampu berkompetisi di pasar smartphone di level yang lebih tinggi, melawan produk-produk berbayar yang sudah lebih dahulu meraksasa. (Rani Soraya – www.harianindo.com)