Jakarta – Asus terus memberikan kenyamanan kepada para penggunanya, kali ini pihak Asus baru saja meluncurkan produk terbaru yang diberi nama Asus Chromebox yang menggunakan sistem operasi Chrome OS. Untuk harga yang dibanderol produk ini adalah $179 atau setara dengan Rp 2,1 juta.

Inilah Harga dan Spesifikasi Asus Chromebox

Desain untuk Asus Chromebox jika dilihat sekilas sangat mirip dengan Intel NUC atau Google BRIX, tetapi memang desainnya banyak yang menilai memiliki kekompakan yang sangat bagus sekali. Perbedaannya produk Asus ini menggunakan operasi hasil besutan dari Google yakni Chrome OS.

Asus Chromebox memberikan 3 varian prosesor yang memiliki basis Haswell, dengan menggunakan Intel Celeron 2955U, Core i3-4010U, dan Core i7-4600U, dan ketiga prosesor ini menggunakan teknologi TDP (Thermal Design Power) hanya 15W saja.

Asus Chromebox dibenamkan memori RAM 2 atau 4GB DDR3 serta diberikan grafis dari Intel HD Graphics 4000. Untuk ketiga varian tersebut dibekali dengan SSD (Solid State Drive) yang memiliki kapasitas 16GB dan juga mendapat dukungan Google Drive sebesar 100GB selama 2 tahun.

Asus Chromebox ini konekstivitasnya juga sangat lengkap sekali, dengan adanya port Ethernet, dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, card reader, 4 port USB 3.0, HDMI, DisplayPort, dan konektor audio. Untuk ukuran layarnya adalah 4,88 x 4,88 x 1,65 inci.

Anandtech (04/02/2014) mengabarkan bahwa nantinya Asus Chromebox akan dirilis pertama kali di Amerika Utara setelah itu akan dirilis di wilayah lainnya. Untuk keunggulan Asus Chromebox sendiri adalah dibenamkannya prosesor Intel Core yang bisa melakukan playback video 4K atau Ultra HD. Serta spesifikasi perangkat ini tergolong sangat tinggi jika dibandingkan dengan Chromebox lainnya yang hanya dibenamkan prosesor ARM Cortex-A15 dual-core. (Galang Kenzie Ramadhan – harianindo.com)