Jakarta – PT Axis Telekom Indonesia (Axis) sekarang ini telah resmi diakuisisi dan merger oleh pihak PT XL Axiata Tbk (EXCL) dengan harga US$ 865 juta atau senilai dengan Rp 10 triliun. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) telah digelar di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/2/2014) telah mendapat hasil yang merupakan kesepakatan yang telah disetujui oleh para pemegang saham.

Axis Resmi Dibeli XL Seharga Rp 10 Triliun

Hasnul Suhaimi yang merupakan Presiden Direktur XL mengungkapkan kepada para wartawan bahwa sekarang ini persetujuan tersebut sudah kita dapatkan dari Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Sekarang ini semua pemegang saham telah menyetujui rencana perseroan. Pihak kami akan sesegera mungkin untuk melakukan pembayaran kepada pihak AXIS senilai US$ 865 juta,” tambah Hasnul Suhaimi.

Hasnul Suhaimi mengungkapkan jika dana yang dimiliki pihak XL adalah dari pinjaman pemegang saham XL yang berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 500 juta, sisanya pinjaman yang bersumber dari institusi keuangan senilai US$ 365 juta.

Dengan langkah ini, Hasnul Suhaimi bergarap bisa mengembangkan perusahaan menuju ke tingkat yang lebih baik, dan juga melakukan usaha untuk bisa melahirkan industri telekomunikasi yang sehat serta bisa tumbuh berkembang di Indonesia. (Rani Soraya – harianindo.com)