Samsung Bantah Paksa Atlet Tutupi iPhone Selama Olimpiade Musim DinginSochi – Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, membantah tuduhan dan pemberitaan bahwa pihaknya menuntut atlet yang bertanding di Olimpiade Musim Dingin 2014 untuk menutupi iPhones dan logo non-Samsung lain di sepanjang kompetisi tersebut. Seperti dilansir dari Techradar (Jum’at, 7/2/2014), Samsung terlibat secara mendalam di ajang tersebut, salah satunya dengan memberikan Galaxy Note 3 kepada tiap atlet yang berpartisipasi.

Pemberitaan yang beredar selama ini adalah bahwa sebagai salah satu sponsor yang mewakili sektor media telekomunikasi, Samsung menuntut atlet-atlet yang berpartisipasi pada Olimpiade Musim Dingin 2014 untuk menutupi atau menyembunyikan produk telekomuniksi seperti iPhones atau non-Samsung secara fisik, selama acara-acara yang terliput media.

Juru bicara Samsung mengatakan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam kebijakan branding untuk produk yang digunakan atlet selama Olimpiade Musim Dingin 2014. Seluruh pemasaran produk apapun yang beredar di acara tersebut diatur dan dipantau oleh International Olympic Commite (IOC). Pihak Samsung juga sempat memberikan penjelasan tentang mengapa mereka memberikan Galaxy Note 3 kepada semua atlet yang berpartisipasi. Mereka mengungkapkan bahwa alasan utamanya adalah bekerjasama dengan IOC, Samsung bertanggungjawab untuk menyediakan telepon resmi Olimpiade Musim Dingin untuk kebutuhan telepon, foto, dan membagi pengalaman di acara tersebut kepada keluarga dan khalayak umum. Dengan kata lain, untuk kebutuhan pribadi mereka sendiri. Dengan menggunakan Galaxy Note 3 itu, atlet juga dapat mengkoleksi tanda tangan atlet lain dengan aplikasi yang tersedia di dalamnya.

Samsung mengatakan bahwa bila dalam siaran berita hanya terlihat logo mereka di papan-papan iklan (yang mewakili sektor produk telekomunikasi), maka semua itu tanggungjawab IOC. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)