Tentang Project Ara dari GoogleCalifornia – Saat Google mengumumkan pembelian Motorola oleh Lenovo, mereka mengatakan bahwa pihaknya tidak turut menjual Project Ara ke tangan pabrikan samrtphone asal China tersebut. Prject Ara akan tetap dikembangkan oleh tim Android dari Google sendiri, meski sebelumnya yang memperkenalkan Project Ara ke publik adalah Motorola.

Seperti dilansir dari Phonearena (Rabu, 26/2/2014), Google telah mengumumkan bahwa Ara Developers Conference yang pertama akan diadakan antara 15 Paril sampai 16 April, berlokasi di Mountain View, California. Konferensi tersebut akan diadakan secara online, dan khalayak umum dapat menyaksikannya secara live streaming. Konferensi tersebut akan memiliki fokus untuk membahas perilisan versi alpha dari Ara Module Developers’ Kit (MDK). Menurut Google, MDK seharusnya sudah dapat rilis pada April, dan berbentuk sebuah platform spesifikasi yang gratis dan terbuka, serta “sebuah referensi implementasi yang berisi segala sesuatu yang perlu diketahui oleh developer/pengembang untuk mengembangkan modul dari Ara tadi”. Secara singkat, semacam manual/petunjuk untuk mengembangkan Ara.

Ara merupakan sebuah proyek yang mampu memberikan kebebasan bagi para user/konsumen untuk mengkustomisasi smartphone mereka sedemikain rupa dengan menggunakan beberapa modul yang sedang dipersiapkan. Modul-modul tadi dapat berupa pengaturan display, memory, dan lainnya. Adapun tagline Google untuk Project Ara adalah “Designed exclusively for 6 billion people”, artinya di desain secara eksklusif untuk enam miliar orang.

Masih terlalu dini untuk meramalkan bagaimana nantinya feedback dari konsumen terhadap proyek ini. Adapun Google mengundang semua developer, baik software maupun hardware, untuk menyumbangkan apapun ke dalam Project Ara, agar nantinya proyek ini bisa benar-benar tepat sasaran menembak konsumen. (Rani Soraya – www.harianindo.com)