Menlu Marty Natalegawa: Krisis Ukraina Kini Krisis InternasionalJakarta – Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mengadakan konferensi pers di Istana Negara pada hari ini Selasa (4/3/2014). Menlu memberikan pernyataan resmi Indonesia terhadap konflik yang terjadi di Ukraina. Rusia yang sudah mengirim pasukannya masuk ke wilayah Crimea, Ukraina, sontak mendapatkan kecaman dari dunia internasional termasuk Indonesia.

Menlu mengharapkan jika pihak-pihak yang bertikai dalam krisis Ukraina saling menahan diri. Menurut laporan yang diterima oleh redaksi Harian Indo, isi pernyataan resmi Natalegawa adalah sebagai berikut:

“Indonesia amat prihatin atas memburuknya perkembangan di Ukraina yang awalnya menyangkut ketidakstabilan politik di negara tersebut, namun kini pristiwa itu telah berkembang menjadi krisis internasional. Kondisi ini tidak hanya mencederai kedaulatan Ukraina, namun juga mengancam untuk meningkatkan ketegangan hubungan antara negara-negara yang terkait. Indonesia akan mendorong semua pihak yang memiliki keterlibatan untuk saling menahan diri dan mengelola krisis dengan senantiasa mengindahkan hukum internasioal,” tutur Menlu.

Akibat tindakan Rusia ini, semua kesepakatan militer dengan pihak Amerika Serikat mengalami penundaan. Termasuk agenda latihan militer bersama negara Vladimir Putin dan Barack Obama tersebut. (Choirul Anam – www.harianindo.com)