Cara Update Kontroler Xbox OneWashington – Masih ingatkah anda ketika ketika untuk memainkan konsol video game, hanya dibutuhkan satu atau dua joystik, dengan jumlah tombol tak lebih dari 10, 12, bahkan hanya satu tombol? Seiring dengan berkembangnya dunia game, kontroler/josytik pun jelas ikut bertumbuh, mengikuti perkembangan teknologi game yang meliputi kualitas grafis, kerumitan gameplay, dan tentu saja keterlibatan teknologi internet dalam dunia game itu sendiri. Satu hal yang mungkin sedikit mengherankan adalah, kontroler/joystik ini pun memerlukan update untuk memperbaharui software yang terpasang di dalamnya. Setidaknya itulah yang harus dilakukan pemilik konsol next-gen terbaru keluaran Microsoft, yakni Xbox One.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Jumat, 7/3/2014), jika anda memiliki headset third party Xbox One keluaran Turtle Beach, maka anda akan melihat stiker yang berada di Headphone Adapter dari produk tersebut. Pada stiker itu, tertulis “Controller Update Required”, artinya untuk dapat menggunakan headset Turtle Beach tersebut, maka anda perlu meng-update software joystik anda. Sebagaimana diketahui, untuk menggunakan headset, gamer bisa memasangkan kabel headset yang akan dipakainya ke dalam port yang tersedia di bagian bawah joystik. Fitur serupa juga dapat ditemukan di joystik PS4. Tampaknya, untuk mengaktifkan headset keluaran Turtle Beach, diperlukan sebuah update khusus.

Adapun berikut ini adalah cara mengupdate kontroler Xbox One:
1. Hidupkan Xbox One yang telah terhubung dengan internet.
Update ini berupa data yang di download secara online, oleh karenanya, akses internet harus diaktifkan.
2. Lepaskan baterai joystik.
Selama proses update ini, tidak diperlukan baterai, dikarenakan joystik anda akan dihubungkan langsung dengan Xbox One dan mendapat energi dari sana.
3. Pasangkan headset ke kontroler, baik secara langsung atau menggunakan Headset Adapter sebagai media.
Simpel. Tinggal pasangkan headset anda ke joystik. Bila kabel headset tidak sama/cocok, gunakan Headset Adapter yang normalnya tersedia dalam paket pembeliannya.
4. Hubungkan kontroler anda dengan konsol Xbox One dengan kabel mini USB.
Serupa dengan Headset Adapter, kabel mini USB normalnya tersedia bersama dengan headset Xbox One anda.
5. Akan muncul notifikasi dan instruksi di layar, ikuti langkah-langkah yang tertulis di sana.

Begitu terpasang, akan muncul sebuah pop-out yang mengatakan bahwa joystik anda perlu di-update. Bila pop-out ini tidak muncul, maka sesuatu yang salah telah terjadi, misalkan kabel longgar, dan lainnya. Ikuti empat langkah yang muncul di pop-out tadi. Terakhir, pilih “yes”, lalu tunggu progres update berjalan, sekitar 2-3 menit. Ketika progres satu joystik telah selesai, anda akan ditanyai apakah ingin melakukan update untuk kontroler lainnya. Jika ya, maka pilih opsi tersebut, lalu lepaskan kabel mini USB dan headset anda dan pasangkan ke joystik lainnya. Ulangi langkah tadi, hingga semua joystik terupdate.

Sebenarnya, cukup mudah mengupdate kontroler Xbox One. Ini adalah sebuah proses baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Mungkin itulah salah satu “harga” yang harus dibayarkan untuk memiliki konsol yang lebih canggih dan rumit. (Rani Soraya – www.harianindo.com)