Apple Masih Ungguli Samsung di Pasar ASCalifornia – Apple dan Samsung masih terus bersaing ketat di pasar smartphone internasional, termasuk juga pasar Amerika Serikat. Adapun sebuah riset terbaru mengatakan bahwa meski Samsung berhasil menjual handset/handphone berbagai model terbanyak di pasar AS, Apple masih mengungguli perusahaan Korea Selatan tersebut di bidang penjualan smartphone, sampai kuarter pertama 2014 ini. Adapun kedua perusahaan ini telah merebut dua per tiga pasar smartphone di AS.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Kamis, 22/5/2014), menurut Counterpoint Research, Apple dengan iPhone-nya, telah memeproleh hasil begitu baik bersama dua provider seluler terbesar AS, yakni AT&T dan Verizon. Bersama AT&T, 52 persen pelanggannya telah berailh ke iPhone, sementara untuk Verizon, 51 persen juga melakukan hal yang sama. Untuk provider lain, Sprint, iPhone juga mengalahkan penjualan smartphone Samsung, dengan 36% pelanggan lebih memilih iPhone, dan 30 persen memilih Samsung. Samsung hanya ‘menang’ di satu provider, T-Mobile, dimana 38 persen pelanggannya menggunakan Samsung, sementara untuk iPhone hanya 24 persen.

Secara keseluruhan, Apple dan Samsung telah menjual 70 persen dari seluruh smartphone berfitur LTE, dan bisa dibilang mendominasi pasar smartphone AS. Adapun untuk peringkat ketiga penjualan smartphone lebih bervariasi, tergantung dari masing-masing provider.

Fakta unik lain adalah, meski Apple berhasil menjuarai penjualan smartphone di AS, ternyata Android masih menjadi operating system (OS) yang paling banyak dipilih, dengan mencapai 59,2 persen sampai kuarter pertama 2014. Operating system milik Apple, iOS, hanya memperoleh 36,9 persen. Windows Phone hanya berhasil meraup 4 persen saja.

Adapun angka ini mungkin saja akan berubah seiring berjalannya tahun 2014, terutama karena kemunculan iPhone 6 dan beberapa line up produk terbaru dari Samsung. (Rani Soraya – www.harianindo.com)