Avanza AKan Dikirim ke Timur TengahJakarta – Sepertinya keberadaan dari mobil Avanza akan sering terlihat di luar negeri. Hal ini dikarenakan PT Astra Dahatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMN) memiliki rencana mengirim mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini ke wilayah Timur Tengah meliputi Arab Saudi, Oman, Kuwait, Qatar, Bahrain dan Yaman.

Dimana mobil Avanza yang dikirim ke Timur Tengah tersebut adalah rakitan ADM yang ada di Sunter dan Kerawang yang selama ini dipercaya oleh pihak Toyota Group sebagai basis produksi mobilnya. Dalam keterangan persnya, bertempat di Sunter Jakarta, Senin (16/6/2014), Presdir ADM, Sudirman MR mengungkapkan bahwa dengan dipasarkannya Toyota Avanza keluar negeri maka ini menunjukkan bahwa adanya pengakuan dari pasar internasional terkait produk ADM.

Untuk diketahui bahwa di tahun ini, pengiriman atas Avanza untuk pertama kalinya dilepas di Vehicle Logistic Center (VLC) Daihatsu di Sunter, Jakarta. Tercatat sejak diproduksi dari tahun 2003- Mei 2014, Avanza sudah diproduksi sekitar 1.394.954 unit.

Dimana untuk kebutuhan domestrik dialokasikan 1.183.867 unit, sedangkan 211.087 unit untuk diekspor ke 44 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. Proses produksi Avanza dan Xenia sendiri melibatkan sekitar 830 supplier dengan tenaga kerja mencapai 487.000 orang. (Choirul Anam – www.harianindo.com)