Google Segera Kirim Tango Phone ke Luar AngkasaCalifornia – Google tampaknya memang gemar meluncurkan produknya ke luar angkasa. Bila sebelumnya, mereka telah meluncurkan Nexus S dan One, kini mereka akan melakukannya lagi. Seperti dilansir dari GSM Arena (Senin, 7/7/2014), adalah smartphone Project Tango, yang mendapat giliran untuk merasakan lingkungan nol gravitasi tersebut.

Tujuan dari dikirimnya Project Tango ke luar angkasa adalah untuk mendukung NASA dalam proyek SPHERES. SPHERES sendiri merupakan singkatan dari “Synchronized Position Hold, Engage, Reorient, Experimental Satellites”.

Secara garis besar, SPHERES merupakan sebuah proyek NASA untuk menciptakan perangkat “satelit”, yang terbang mengambang di luar angkasa yang berguna untuk membantu astronot dalam menjalankan tugasnya. Semacam robot yang terbang di sekeliling astronot. SPHERES akan memiliki beberapa fitur seperti kamera, alat komunikasi, beberapa sensor, dan kelengkapan misi luar angkasa lainnya.

Adapun smartphone Tango buatan Google sendiri berperan sebagai “otak dan mata” dari Internasional Space Station (Satelit Luar Angkasa Internasional) dan mendukung kendali atas perangkat otomatis tersebut.

Google dijadwalkan akan mengirimkan Tango ke luar angkasa pada tanggal 11 Juli. Tango sendiri dipilih oleh NASA karena memang fitur-fitur yang dimiliki oleh Tango “tepat sasaran” dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh NASA, untuk mendukung pengembangan proyek SPHERES tadi.

Melihat bagaimana kreatifnya Google dalam mengembangkan teknologi-teknologi barunya, perkembangan Project Tango dalam mendukung program luar angkasa NASA ini patut ditunggu. (Rani Soraya – www.harianindo.com)