Kepolisian Nigeria Berhasil Menjinakkan Bom di Kompleks SekolahanAbuja – Pihak kepolisian Nigeria sudah berhasil menggagalkan peledakan bom yang ada di sebuah sekolah. Bom yang diletakkan di sebuah mobil ini ditinggal begitu saja di kompleks sekolahan. Para penjinak bom berhasil menemukan 12 bom rakitan yang dengan sengaja diletakkan di mobil di sekitar area dari sebuah sekolah menengah Pilot.

Memang temuan bom ini ditindaklanjuti atas leporan dari masyarakat yang mencurigai mobil asing diparkir. Seperti yang dikutip dari AFP, Selasa (8/7/2014), juru bicara kepolisian setempat, Fwaje Attajiri mengungkapkan bahwa para penjinak bom berhasil menemukan 12 IED (improvised explosive devices) yang ditemukan didalam bagasi mobil.

Jika tidak berhasil ditemukan, maka kerusakan akan terjadi dan tentunya memakan banyak korban jiwa. Attajiri menyebutkan bahwa saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus bom ini.

Karena harus diketahui siapa bertanggung jawab terkait bom mobil yang diletakkan di sekolah ini. Sayangnya pihak kepolisian enggan menyebutkan bahwa militan Boko Haram lah yang memiliki keterlibatan dengan aksi ini.

Memang dalam kurun waktu 5 tahun terkahir ini, pihak militant Bako Haram banyak melakukan aksi penyerangan di Nigeria, dengan target sekolah-sekolah. Hal ini dilandasi karena pihak Bako Haram melarang pendidikan yang berkiblat ke arah Barat.

Tercatat sudah ada sekitar 100 siswa yang tewas akibat serangan dari Bako Haram yang ada di wilayah Yobe, tepatnya pada tahun lalu. Untuk yang ada di wilayah Gombe, beberapa sekolah terpaksa ditutup dikarenakaan kekhawatiran atas serangan dari Boko Haram.(Rani Soraya – www.harianindo.com)