Kampanye Hitam Tak Goyahkan Pendukung JokowiJakarta – Rabu pagi 9 Juli 2014, Tempat Pemungutan Suara 18 di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, tampak penuh dijejali oleh wartawan. TPS tersebut merupakan lokasi dimana calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi, menyalurkan hak suaranya.

Semakin sing, tak hanya wartawan yang berdatangan ke TPS ini namun juga simpatisan Jokowi yang datang dengan baju kotak-kotak, khas Jokowi. Sekitar pukul 10.10 WIB, Gubernur DKI Jakarta nonaktif tersebut pun tiba di lokasi.

Dengan senyum khasnya Jokowi berjalan mendekati TPS 18 sambil menyalami pendukungnya di sepanjang jalan, sebelum akhirnya masuk ke bilik suara. Setelah mencoblos, memasukkan suara ke kotak suara, dan lalu mencelupkan jari ke tinta, Jokowi pun mengacungkan 2 jarinya. Para pendukungnha pun serentak menyanyikan lagu gubahan Slank and Friends yang berjudul Salam 2 Jari.

Adapun saat ditanya mengenai kampanye hitam, Lena, salah satu pendukung Jokowi mengaku tak peduli. Tuduhan-tuduhan mengenai Jokowi yang seorang non-muslim dan penganut faham PKI tak mereka percayai.

Selain itu, Sri, mengatakan bahwa selama 60 tahun hidupnya dia telah merasakan berbagai hal. Jokowi dinilainya dapat memberikan perubahan terhadap negeri ini.

Pendukung lainnya, Nunu, mengatakan bahwa kampanye hitam tak mempan baginya. Dia pun mengaku memilih Jokowi dari hati nurani dan demi Indonesia ke depan yang lebih baik. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)