Putin Desak Netanyahu untuk Hentikan Serangan Israel ke GazaMoskow – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendesak Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, untuk menghentikan serangan Israel ke Jalur Gaza. Seperti dilansir dari Xinhua (Jumat, 11/7/2014), pihak Kremlin melaporkan bahwa desakan Presiden Putin tersebut disampaikannya melalui hubungan telepon dengan PM Netanyahu.

Istana Kremlin mengatakan bahwa Rusia sangat menekankan pentingnya penghentian konflik bersenjata di Jalur Gaza yang telah menyebabkan banyak korban sipil. Moskow juga melanjutkan bahwa kebutuhan untuk menghentikan rangkaian aksi kekerasan di wilayah tersebut sangatlah besar, dan dampak dari serangan ini sangat menyengsarakan rakyat.

Terkait semakin memanasnya kondisi di sekitar Israel dan Palestina, Pemerintah Rusia melalui Kementerian Luar Negeri-nya telah menghimbau kepada warga negara Rusia yang tengah berada di wilayah kedua negara tersebut untuk berhati-hati.

Adapun PM Netanyahu telah mengatakan bahwa Israel belum ada niatan untuk melakukan gencatan senjata sengan Hamas di Palestina. Israel yang memulai serangan udaranya ke Gaza pada 8 Juli 2014 lalu dilaporkan akan segera melancarkan operasi serangan darat. Belum diketahui kapan operasi tersebut akan dimulai.

Terkait masalah ini, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, pun mendesak Amerik Serikat, melalui Menteri Luar Negerinya, John Kerry, untuk bekerja sama dalam usaha gencatan senjata di Gaza. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)