Home > Ragam Berita > Nasional > Ujian Nasional Tahun Ini Diikuti Oleh 3 Juta Lebih Siswa SMA Sederajat

Ujian Nasional Tahun Ini Diikuti Oleh 3 Juta Lebih Siswa SMA Sederajat

Jakarta – Hari ini, Senin (4/4/2016), Ujian Nasional (UN) 2016 telah digelar untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia. Total ada 3.302.673 siswa yang menjadi peserta dalam UN 2016.

Ujian Nasional Tahun Ini Diikuti Oleh 3 Juta Lebih Siswa SMA Sederajat

Berdasar informasi yang dihimpun tim Harian Indo, Senin (4/4/2016), untuk penyelenggaraan UN 2016 terdapat penambahan jumlah sekolah yang telah melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tahun ini tercatat ada sekitar 927.000 siswa dari 4.402 sekolah yang telah menyelenggarakan UNBK, jauh meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 594 sekolah.

Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam mengatakan Kemdikbud terus mendorong pihak sekolah agar mengadakan UNBK. Pasalnya UNBK dinilai lebih efisien dan dapat meminimalisir bentuk kecurangan. Peserta UNBK akan lebih sulit berbuat curang karena soal yang diterima antara satu siswa dengan siswa lainnya acak.

Sesuai jadwal Kemdikbud, UN 2016 ini dimulai serentak pada 4 hingga 6 April bagi siswa yang mengikuti UN 2016 berbasis kertas, serta 7 April bagi siswa SMK. Sedangkan peserta UNBK masih harus menjalani ujian pada 11 dan 12 April.


Baca juga:

Menteri Anies Minta Bantuan Hackers Untuk Awasi Soal Unas 2016

Dugaan Bocoran Soal Unas SMA 2016 Tanpa Kunci Jawaban Dijual Rp 1 Juta

Mulai Senin (4/4) pagi tadi, siswa peserta UN 2016 seluruh jurusan akan mengerjakan soal-soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang dilanjutkan dengan Kimia (IPA), Geografi (IPS), Sastra Indonesia (Bahasa) dan Hadits/Kitab Suci/Alkitab (Keagamaan) pada jam kedua kedua. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*