Jakarta – Ormas Front Pembela Islam (FPI) berencana akan turun ke jalan untuk berunjuk rasa besar-besaran. Ribuan massa diperkirakan akan diturunkan untuk melakukan jalan kaki dari Masjid Istiqlal ke Balai Kota dan Mabes Kepolisian Republik Indonesia.

FPI Berencana Kerahkan Ribuan Massa Guna Demo Ahok

Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya mengatakan, pihaknya telah menerima informasi unjuk rasa tersebut dan sudah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi, M Iriawan.

“Kemudian Direktorat Intel menyampaikan pada intelijennya, kemudian Karoops (Kepala Biro Operasi) dan Kapolres Jakpus sudah dimintai paparan terkait persiapan pengamanan, tentunya Kapolda melihat bagaimana kesiapan kami terkait pengamanan, kami pasti siapkan,” kata Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/10/2016).

Terkait jumlah anggota yang disiapkan dan rute-rute apa saja yang dilewati para pengunjuk rasa, Awi mengaku, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Sebab, informasi tersebut biasanya akan disampaikan pada malam ini.

“Karoops akan menyusun hari ini tapi terkait dengan titik-titik seperti rute, jumlah masa, perkiraan, nanti akan kami sampaikan,” katanya.

Berdasarkan data sementara, sebanyak lima ribu orang akan yang mengikuti unjuk rasa tersebut. Namun, dia berharap agar pengunjuk rasa tidak sebanyak itu. Ditakuti akan ada pihak ketiga yang menungganginya.

“Kemarin kan perkiraan sekitar lima ribu orang, kami lihat, karena kita sudah tangani dengan serius, bisa kami reduksi dan jangan sampai banyak banyaklah, untuk apa juga, takutnya nanti ada pihak ketiga menunggangi itu,” ucapnya.

Ia menyebut, Kapolda Metro Jaya sudah memperingati Kapolres jajaran agar membantu demo besok. Hal itu dilakukan jika ada massa dari wilayah masing-masing yang ikut bergerak ke titik kumpul di Masjid Istiqlal.

Baca juga: Adnang Buyung : “Sudah Saatnya MUI Dibubarkan Saja”

“Jadi bapak Kapolda mewanti-wanti kepada Kapolres jajaran untuk mem-backup terkait dengan rencana demo besok, maksudnya apa, kalau memang ada di wilayah masing-masing ada rencana demo dan akan ke Istiqlal, tentunya mereka diperintahkan untuk mengawal,” katanya. (Yayan – www.harianindo.com)