Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Pesan Kapolri Walau Tak Larang Demo 2 Desember

Inilah Pesan Kapolri Walau Tak Larang Demo 2 Desember

Jakarta – Jenderal Tito Karnavian selaku Kapolri mengaku tidak melarang unjuk rasa ‘Aksi Bela Islam III’ yang digelar oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) pada Jumat 2 Desember 2016. Tito bahkan menjamin akan mengawal para peserta unjuk rasa.

Inilah Pesan Kapolri Walau Tak Larang Demo 2 Desember

“Unjuk rasa boleh, tapi tidak boleh di tempat umum atau jalan raya. Sepanjang unjuk rasanya dilakukan dengan cara-cara sesuai aturan hukum, pasti kami akomodir,” ujar Tito usai mengunjungi Kantor PBNU, Jakarta, Minggu (27/11/2016).

Tito juga mengaku apabila mengaku sejauh ini telah berkomunikasi dengan beberapa tokoh ulama, kiai, habaib dan lainnya mengenai demo 2 Desember. Kepada para tokoh agama itu, Tito menegaskan Polri tidak melarang masyarakat yang ingin demonstrasi.

“Yang kami tidak ingin unjuk rasa di jalan umum protokol, kenapa? Kalau itu terjadi mengganggu ketertiban publik dan hak asasi orang lain pemakai jalan,” ujar mantan Kepala BNPT tersebut.

Tito berpendapat, larangan tersebut bukanlah tanpa dasar dan mengada-ada, Namun memang sudah diatur oleh dalam Pasal 6 Undang-undang Nomor 11 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Dalam Pasal 15, disebutkan jika Pasal 6 dilanggar, maka boleh berhak membubarkan paksa‎.

Baca juga: 1 Korban Selamat Heli TNI AD Alami Luka dan Trauma

“Kalau mereka jumlahnya sudah ribuan orang pembubarannya pasti ada konflik, pasti ada korban. Oleh karena itu, dari pada nanti ada korban maka kami meminta mereka jangan di situ,” jelas dia. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rumah Lembang Ramai, Ahok : "Saya Minta Maaf Ada Ribut-ribut Begini"

Rumah Lembang Ramai, Ahok : “Saya Minta Maaf Ada Ribut-ribut Begini”

Jakarta – Arus lalu lintas di Jalan Lembang dan sekitarnya, Menteng, Jakarta Pusat, terlihat lebih ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis