Home > Ragam Berita > Nasional > Ini Akibatnya Bila Presidential Threshold 0 Persen Diberlakukan

Ini Akibatnya Bila Presidential Threshold 0 Persen Diberlakukan

Jakarta – Beberapa partai di parlemen mengusulkan untuk diberlakukannya Presidential Threshold 0 Persen, sehingga setiap partai berhak untuk mengusulkan nama calon presidennya sendiri tanpa dibatasi jumlah kursi yang mereka miliki di parlemen.

Ini Akibatnya Bila Presidential Threshold 0 Persen Diberlakukan

Terkait usulan ini, Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy mengatakan, bila usulan tersebut direalisasikan maka akan ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung.

“Pertama, misalnya pembiayaan besar karena jadi ada sepuluh calon presiden nantinya,” kata Lukman saat diskusi bertajuk ‘RUU Pemilu dan Masa Depan Demokrasi’ di Jakarta, Sabtu (14/1/2017).

Menurut Lukman, bila Presidential Threshold 0 Persen diberlakukan maka setiap partai berhak mengajukan calon presiden mereka sehingga anggaran untuk kampanye juga tentunya menjadi jauh lebih besar.

Namun Lukman menambahkan, masalah ini dapat diatasi dengan perencanaan dana kampanye yang baik. Misalnya dengan melakukan kampanye sederhana pada putaran pertama, dan baru akan melakukan kampanye besar-besaran pada putaran kedua.

Sedangkan soal kekhawatiran kurang kuatnya pemerintahan yang nanti terpilih, Lukman mengusulkan untuk tetap menggunakan pemilu sistem dua putaran.

“Pasti di putaran kedua kalau (ada calon yang) tidak sampai 50 persenn (dukungan), itu membuka ruang konsolidasi (di putaran kedua) mau dukung si A atau si B,” ujar Lukman.

Seperti diketahui, empat partai politik di DPR yaitu Gerindra, PAN, PKB, dan Hanura, mengusulkan perubahan akan UU Pemilu dimana setipa partai berhak mengusulkan calon presidennya sendiri tanpa dibatasi jumlah kursi.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Dilaporkan Sejumlah Pihak, Habib Rizieq Ajak Dialog Secara Kekeluargaan

Jakarta – Permasalahan hukum yang tengah membelit Pimpinan Forum Pembela Islam (FPI) Rizieq‎ Syihab diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis